Rabu, 09 Mei 2012

Aturan Dasar dalam Diet (Part 1)

" Sebenarnya diet itu simple, diet itu hanya mengurangi dan menjaga porsi makan biar berat badan ga bertambah..."


Banyak banget orang yang bermasalah dengan diet nya. Mulai dari "berat ga turun-turun" sampe yang namanya "menggembung lagi". Sebenarnya diet itu simple, diet itu hanya mengurangi dan menjaga porsi makan biar berat badan ga bertambah, tapi gimana yah kalau kita udah merasa paling gendut sedunia *hehehe ga segitunya kali. Banyak cewek bahkan sampai mati-matian diet yang akhirnya berujung di UGD rumah sakit, ckckck kasihan. Yang lebih miris lagi, ketika kita sudah diet mati-matian, ternyata seorang teman ngajak jalan buat makan di foodcourt terdekat. Udah dietnya mati-matian, begitu sampe rumah, ditimbang berat badan malah naik *jiahhhh. Sebenernya beberapa aturan dasar diet yang aku post disini, adalah pengalaman pribadiku. Yap! Bener aja, sampai sekarang aku tetep naatin peraturan-peraturan ini, dan dietku tetep jalan sampai sekarang. Ditambah lagi *ga nyiksa hati waktu liat timbangan hehehe. Capcus gannn,, ini aturannya :

1. Niat buat diet
Dari semua diet, yang paling penting adalah NIAT!!! Kenapa? Niat untuk mengubah proporsi tubuh yang berlebihan menjadi normal/ideal, niat untuk mengubah pola makan agar menjadi lebih baik, mendorong dan memotivasi kita untuk terus melaksanakan diet. Niat itu harus kuat, karena ketika kita sudah menjalankan diet, kemudian datanglah godaan-godaan dari makanan kalori tinggi, gula, makanan berlemak lain yang gurih *hmmmm,, niat itulah yang mengembalikan kita ke jalan yang benar hehehe. Ketika sudah berniat maka godaan apapun yang menghalangi akan LEWAT. Jadi sebelum diet, pertimbangkan niat kamu. Kalau sudah yakin mau benar-benar diet, itu berarti kamu mengambil resiko untuk ga memakan sembarang makanan lagi.

2. Untuk apakah dietku?
Diet dengan niat, kurang mantab bila tanpa motivasi. Untuk apa sih kita melakukan diet? Banyak orang melakukan diet, terutama kaum hawa hanya demi mendapatkan tubuh seksi. No girl, it's not just a sexy body!!! Diet itu membersihkan kita dari makanan yang akan meracuni tubuh kita dalam beberapa tahun kedepan. Jika kita memikirkan hanya demi tubuh seksi, buyarkan! karena diet kita bakal gagal total ketika kita sudah mendapatkan tubuh ideal kemudian kita ga fokus lagi buat mempertahankannya. Saat udah melar lagi, kita jadi patah hati sama yang namanya diet dan males buat ngejalanin. So, motivasi paling kuat sebenarnya adalah "sound of the body" . Yup, tubuh kita itu PERLU SESUATU YANG SEHAT. Bukan sekedar junk food, ataupun nutrisi yang terlalu berlebihan. Saat seseorang sudah menginjak obesitas, maka dia beresiko tinggi untuk mempunyai banyak penyakit yang diakibatkan lemak dan gula. Contohnya saja penyakit jantung koroner/ Coronary Heart Disease (lemak menyumbat pembuluh darah yang memberi asupan ke jantung). Dan ingat! 80% orang obesitas beresiko untuk terkena Diabetes Mellitus tipe 2. Selain itu masih banyak resiko lain yang diakibatkan oleh obesitas. Orang dengan diet yang tetap berjalan stabil, akan merasakan manfaat diet ketika dia sudah menginjak usia 30 tahun ke atas disaat penyakit-penyakit berat mulai menyerang. Jadi alangkah baiknya jika motivasi kita adalah untuk sehat, bukan hanya tubuh seksi. Karena diet yang benar, akan menyehatkan tubuh kita.

3. Patuhi aturan diet
Apapun diet yang kita jalani, pasti punya aturan. Entah itu diet dari dokter/ahli gizi, dari produk diet maupun dari klinik-klinik diet yang sudah terpercaya. Jangan seenaknya saja mengganti makanan-makanan yang telah diatur dalam diet yang kamu lakukan. Mereka sudah menimbang dan mengganti asupan nutrisi sebaik mungkin. Misal, dalam suatu diet X kita dibatasi untuk memakan karbohidrat atau bahkan mengganti nasi dengan kentang. Kita tidak bisa seenaknya mengganti dengan roti. Karena tidak segampang itu menggantinya, kita harus melihat kandungan gizi dan takaran saji dari roti itu. 
Contoh saja, dalam 1 buah kentang yang direbus terdapat sekitar 85 kalori. Kita dengan seenaknya mengganti kentang dengan roti. Seiris roti tawar mengandung sekitar 100 kalori bahkan lebih. Bagaimana kalau kita masih merasa lapar dan mengonsumsi 2 iris roti tawar. Heiii !!! itu sama saja dengan menggagalkan aturan diet yang udah ditetapkan. Kita memakan lebih dari 200 kalori karbohidrat setiap kita makan. *Kalau gitu mending makan nasi. Lebih baik, sebelum mengganti makanan-makanan yang sudah diatur dalam diet, kita konsultasi dulu ke ahli gizi. Atau jika kita bisa mengganti makanan X dengan makanan lain, tapi sama kadar kalorinya, semua bakal baik-baik aja.

4. Hindari makanan ini :
Diet sangat bermusuhan dengan makanan-makanan yang berlemak tinggi. Karena lemak itu susah untuk dibakar. Jalan satu-satunya jika kita sangat sangat terpaksa memakan makanan berlemak tinggi (ex: sate kambing deh), yah konsekuensinya kita ga boleh males buat membakar lemak dengan olahraga. Selain itu, makan kalori sewajarnya. Ga boleh banyak makan nasi? Nanti kalo kelaparan gimana? Tenang, yakin, kalau diet itu sudah benar dan sudah ada aturan kita ga bakal laper kok, kalaupun laper kita bisa minum air putih *hehehe, beneran nih. Tapi beda lagi kalo yang di hati kita kayak gini Ga bole makan sate kambing, soto betawi, rendang, fried chicken, ma rawon bikinan emak yaaaa??? kalo ngiler gimana tuh? Nah, kalau itu sih emang niatnya kurang kuat. Maka nya harus diyakinkan dulu hatinya dan dietmu itu untuk apa.

5. Wajib dimakan saat diet
Seperti point nomor 4, jangan takut kelaparan. Jika dulu kita makan nasi yang melebihi separuh piring + lauk daging atau ayam + penutup buah duren + minum jus alpukat *ssttt.. ingat niatt jangan tergoda hehehe. Setelah diet pola makan kita jadi begini : nasi yang tidak lebih dari 10 sendok makan (biasanya asupan karbohidrat untuk orang diet adalah 10 sdm/240 kalori bahkan kurang dalam sekali makan) + sayur bayam + telur rebus + buah pepaya/pisang + air putih secukupnya. Itu adalah menu yang baik. PENUH SERAT DAN PROTEIN. Baik untuk tubuh kita dan diet kita. Melancarkan pencernaan dan tomatis mengurangi beban lemak yang harus dibakar. Ada juga teman yang bilang, saat makan 2 suap nasi+lauknya, minumlah seteguk air putih, lakukan sampai habis, kemudian tutup lagi dengan minum air putih secukupnya. KENYANG!!! Itu sudah lebih dari cukup, dan jika merasa kekenyangan, kamu bisa mengurangi porsi nasi sedikit demi sedikit, misalkan dari 10 sdm, menjadi 8 sdm.

.... bersambung

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates