Kamis, 17 Mei 2012

Apa yang menyebabkan bau setelah hujan?


Bau khas dari hujan sebenarnya berasaL dari bakteri yang bernama Actinomycetes, bakteri yang berbentuk filamen (lapisan tipis), yang tumbuh di permukaan tanah saat kondisi tanah dalam keadaan hangat. Saat tanah menjadi kering, bacteria ini memproduksi spora di dalam tanah. Saat hujan turun, maka air akan “menghantam” permukaan tanah dan akan menyebabkan spora-spora ini terpecah ke udara yang lembab dan kelembaban dari air ini yang membawa spora-spora itu terhirup oleh kita. Bakteri ini dapat kita temui di seluruh dunia.

Ada juga bau hujan yang disebabkan oleh keasaman dari hujan yang dikarenakan oleh kandungan kimia pada lapisan udara sehingga air hujan bersifat asam, terutama di kawasan industry. Saat hujan yang mengandung asam ini jatuh ke tanah dan kontak dengan bahan kimia dalam tanah, akan dapat menyebabkan reaksi aromatic yang memecah mineral tanah dan melepaskan mineral yang terkandung di dalam tanah, dan air hujan ini juga bereksi terhadap bahan kimia lain seperti bensin yang akan memberikan bau yang tajam. Bau jenis ini adalah bau yang lebih tajam dari bau spora bakteri, dan ini yang menyebabkan hujan tidak selalu memiliki bau yang khas dari spora bakteri.
Bau jenis lain yang tercium saat selesai hujan adalah bau yang berasal dari minyak yang menguap dari tanaman dan pohon (mungkin yang dimaksud adalah minyak atsiri). Kemdian saat hujan turun, air hujan bereaksi dengan minyak tersebut dan membawanya ke udara. Dan bau ini juga bias dibilang bau yang wangi dan hamper seperti bau spora bakteri.
Bau-bau in adalah bau yang umum dijumpai, tetapi mash ada banyak bau khas lainnya. Ada banyak kandungan aromatic di alam ini yang akan bereaksi dan menimbulkan bau yang khas ketika hujan turun.
Jadi, apabila anda sedang berbincang-bincang dengan teman mengenai bau setelah hujan turun, anda dan teman anda memiliki pendapat lain mengenai bau yang timbul. Kalian pasti setuju, bagaimanapun, udara memiliki aroma yang memikat setelah hujan.

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates