Senin, 19 Desember 2011

Jangan Takut Dengan Supernova


TeLah diketahui besarnya energi yang dikeLuarkan saat supernova meLedak sebagaimana matahari dahuLu terbentuk, kejadian ini menjadi saLah satu teori yang dikemukakan dari para astronom mengenai kemungkinan kiamat yang disebabkan Ledakan ini dan kemungkinan yang dapat terjadi pada tahun 2012 dan akan merusak kehidupan di bumi ini. Akan tetapi dikarenakan jarak yang sangat jauh, para astronom mengatakan dengan yakin bahwa supernova ini tidak akan mengancam kehidupan di bumi.

Para astronom memperkirakan bahwa daLam setiap abad terjadi 2 Ledakan supernova. Menurut astronom, untuk dapat menghancurkan bumi, minimaL supernova berjarak 50 tahun cahaya dari bumi kita, akan tetapi bintang-bintang terdekat yang berpotensi untuk itu berjarak Lebih dari 50 tahun cahaya.
PLanet apapun yang memiLiki kehidupan didaLamnya dan dekat dengan bintang yang sedang mengaLami supernova, maka akan menjadi ancaman serius. Radiasi sinar-X dan gamma dari supernova dapat merusak Lapisan ozon, dimana ozon sendiri adaLah Lapisan bumi yang berfungsi untuk meLindungi kita dari kerusakan yang akan timbuL dari sinar uLtravioLet  (UV) yang dipancarkan matahari. Semakin tipis Lapisan ozon, maka akan semakin banyak sinar UV yang mencapai permukaan bumi. Pada suatu pancaran geLombang uLtravioLet yang teLah mencapai permukaan bumi, maka akan berdampak sangat serius terhadap organisme-organisme yang hidup, termasuk pitopLankton  yang hidup dekat dengan permukaan air Laut. Tentu saja serius, dikarenakan pitopLankton juga makhLuk yang memproduksi oksigen, sedikit saja masaLah terjadi pada organisme ini, maka pLanet ini akan mengaLami ancaman serius.

Jenis Ledakan Lainnya, yaitu Ledakan sinar gamma. Ledakan sinar gamma adaLah Ledakan yang biasanya sering dijumpai bersamaan dengan supernova. Ketika bintang musnah dengan sendirinya, atau setidaknya saat dua neutron bintang2 bertubrukan, akan meLahirkan sebuah Lubang hitam. Saat zat tertentu bergerak ke arah Lubang hitam, maka zat tersebut akan mengaLami percepatan menjadi partikeL dengan kecepatan tinggi yang sangat kuat yang dapat menembus suatu bintang, bahkan sebeLum Lapisan terLuar bintang tersebut muLai runtuh dan apabiLa partikeL dengan kecepatan tinggi ini mengarah ke arah bumi, sateLit Luar angkasa akan mendeteksi Ledakan dari sinar gamma yang berenergi besar di suatu tempat di angkasa. Ledakan ini terjadi setiap harinya dan sangat kuat sehingga Ledakan itu bahkan bisa diLihat waLau berjarak miLiaran tahun cahaya.


Ledakan sinar gamma dapat mempengaruhi bumi sama seperti supernova, dan dengan jarak yang memungkinkan, akan tetapi hanya jika partikeL dengan kecepatan tinggi itu mengarah ke bumi.Para astronom memperkirakan jarak antara Ledakan sinar gamma yang berpotensi dapat mempengaruhi bumi adaLah sekitar 10.000 tahun cahaya. Sejauh ini, Ledakan yang tercatat berjarak 1,3 miLiar tahun cahaya yang dikenaL dengan GRB 031203. PLanet kita sudah pernah mengaLaminya disepanjang sejarah, akan tetapi tidak untuk daLam waktu dekat, apaLagi pada buLan Desember 2012.


0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates