Rabu, 14 Desember 2011

Apa Stasiun Luar Angkasa itu?

Apa itu stasiun luar angkasa internasional?

An artist's picture of the finished space station
Stasiun luar angkasa adalah salah satu objek yang paling terang di luar angkasa
Stasiun luar angkasa internasional adalah pesawat yang sangat besar yang mengorbit bumi dan tempat dimana astronot tinggal. Tempat ini juga sebagai laboraturium sains. Banyak negara bekerjasama untuk membangun laboraturium itu dan mereka gunakan bersama-sama.
Stasiun luar angkasa terbuat dari bagian-bagian kecil, bagian-bagian itu dirangkai diluar angkasa oleh astronot. Orbit stasiun luar angkasa adalah sekitar 220 mil di atas bumi. NASA juga menggunakan stasiun ini untuk mempelajari bagaimana hidup dan bekerja di luar angkasa. Hal ini akan membantu NASA ke depannya.




Berapa usia stasiun luar angkasa?
Bagian pertama dari stasiun luar angkasa diluncurkan pada tahun 1998 dengan menggunakan roket oleh Rusia. Kemudian bagian-bagian lain ditambahkan. Dua tahun kemudian, stasiun siap dioperasikan. Awak pertama tiba disana pada bulan Oktober 2000. Kemudian banyak yang telah tinggal di stasiun luar angkasa semenjak itu. Bagian demi bagian kemudian ditambahkan lagi. NASA beserta rekan dari seluruh dunia menyelesaikan stasiun luar angkasa ini pada tahun 2011.

Three crew members pose on the space station, with one upside-down
gambar memperlihatkan awak ke-17 yang telah tinggal di stasiun l
Seberapa besar stasiun luar angkasa itu?

Stasiun luar angkasa memiliki tempat yang luas di dalamnya, diantaranya rumah yang dilengkapi 5 kamar tidur, dua kamar mandi, gym, dan jendela yang besar. Enam orang dapat tinggal di dalamnya. Berat dari Stasiun luar angkasa sendiri adalah hampir jutaan pon atau sekitar ratusan ribu kilogram. Stasiun luar angkasa ini setara dengan lapangan sepakbola, dan di dalamnya terdapat laboraturium sains dari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Eropa.


Bagian-bagian apa saja yang terdapat di stasiun luar angkasa?

Stasiun luar angkasa memiliki banyak bagian. Bagian-bagian itu disebut modul. Modul pertama memiliki bagian yang dibutuhkan untuk membuat stasiun luar angkasa dapat bekerja. Astronot juga tinggal di dalam modul tersebut. Modul-modul tersebut dinamakan "nodes" dikarenakan menghubungkan bagian satu dengan bagian yang lain. Laboraturium disana memungkinkan astronot untuk dapat melakukan riset.

Pada bagian sisi dari stasiun luar angkasa ini terdapat panel matahari. Bagian ini mengumpulkan energi dari cahanya matahari yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Tersedia juga lengan robot yang digunakan untuk membantu astronot membuat stasiun. Lengan robot ini juga dapat menggerakkan astronot mengelilingi stasiun luar angkasa dan mengendalikan eksperimen sains.

Sistem "airlock" sama seperti mekanisme sebuah pintu. Astronot menggunakannya untuk keluar atau masuk stasiun luar angkasa.

"Docking ports" juga seperti pintu. Bagian ini memungkinkan pesawat luar angkasa agar dapat terhubung dengan stasiun luar angkasa. Awak dan pengunjung masuk dari pesawat luar angkasa melalui "docking port" ini. Port ini juga digunakan untuk supply ke dalam stasiun.




An astronaut works outside a space station module
Astronot bekerja dengan pakaian luar angkasa untuk membangun stasiun luar angkasa.

Kenapa begitu pentingnya stasiun luar angkasa?
Stasiun luar angkasa adalah rumah dalam orbit. Orang2 telah tinggal di dalamnya sejak tahun 2000. Laboraturium di dalamnya adalah tempat dimana orang-orang melakukan riset. Riset yang mungkin tidak dapat dilakukan di bumi.
Ilmuwan mempelajari apa yang terjadi pada orang-orang yang hidup di luar angkasa. NASA telah belajar bagaimana caranya agar tetap bekerja di stasiun luar angkasa dalam waktu yang lama. Ilmu ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan.

NASA juga mempunyai rencana untuk mengirim manusia keluar angkasa melebihi yang sebelumnya. Stasiun luar angkasa ini adalah salah satu langkah untuk mencapai rencana itu. NASA akan menggunakan pengetahuan yang didapat dari sini untuk menyiapkan astronot-astronot agar mereka siap untuk menjelajahi luar angkasa.

terjemah dari http://www.nasa.gov/

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates